PENDAFTARAN POLISI 2009/2010

2 11 2009

ASKUM WR WR

PostinganQ kali ini cuman menjawab pertanyaan yang sering dikomentari d blogQ

banyak yang nanya “kapan pendaftaran polisi gel 2 tahun 2009,, kapan pendaftaran polisi 2010,, apakah ada pendaftaran bulan november 2009 ???”

 

untuk sampai saat ini tanggal 2 November 2009 belum ada pemberitahuan tentang pendaftaran polisi berikutnya,,,

tapi alangkah baiknya bagi anda yang akan mendaftar sebagai anggota polisi (brigadir polri) untuk mempersiapkan segala sesuatunya…

mulai saat ini anda harus mempersiapkan fisik dgn berolahraga, jaga kesehatan (lakukan general medical check up),,

belajar untuk menghadapi ujian (adapun yg d ujikan meliputi ujian bahasa inggris, pengetahuan umum tentang UU kepolisian)

belajar psikologi,, dan yang lebih penting siapkan mental anda..

adapun syarat-syarat pendaftaran brigadir/bintara yaitu sbb :

a. Persyaratan umum:

1). Warga Negara Republik Indonesia ( pria dan wanita ) .
2). Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
3).  Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Tahun 1945.
4). Sehat jasmani dan rohani .
5). Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan ( surat keterangan dari Polres Setempat ) .
6).  Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.
7). Bersedia ditempatkan diseluruh Wilayah Negara Kesatuan  Republik Indonesia dan bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas pokok Polri.

b.  Persyaratan Pendidikan :

1) Berijasah serendah-rendahnya SMU Sederajat (Tidak termasuk SMK Busana/Boga/Kecantikan/Perhotelan/Guru TK/SMK yang dikelola oleh Departemen)
2) SMU/Madrasah Aliyah menggunakan Surat Tanda Kelulusan dengan kriteria “LULUS”.
3) SLTA lainnya yang sederajat/Paket C/SMK (termasuk lulusan Luar Negeri) menggunakan transkip nilai dengan rata-rata baik atau kriteria “LULUS” yang telah diakreditasi oleh instansi Diknas Tingkat Propinsi.
4) Menyerahkan fotokopi Rapor SLTA yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah Yang Bersangkutan.
5) Lulusan D III/D IV/S1 sesuai dengan kompetensi Tugas Pokok Polri dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi.
6) D III Keperawatan hanya untuk calon Brigadir Polri Kesehatan Lapangan pada Satbrimobda.
7) SMK Pelayaran/Perkapalan sebagai Calon Brigadir Polisi Polair.
8) Sarjana Hukum atau SMU/Sederajat yang mempunyai kemampuan Bahasa Asing/Komputer sebagai Calon Brigadir Polisi Reskrim.

c. Persyaratan Umur, tinggi dan berat badan :

1) Umur pada saat buka Diktuk Brigadir Polisi  minimal 17 Tahun 7 bulan, maksimal,
a) SMU Sederajat   : 21 tahun
b) D III    : 24 tahun
c) D IV / S1    : 25 tahun

2) Tinggi badan minimal :
a)   Pria   : 163 cm
b)   Wanita  : 160 cm

3) Berat Badan seimbang dengan tinggi badan menurut ketentuan yang berlaku.

d. Belum Pernah Nikah dan sanggup tidak nikah selama pendidikan pembentukan ditambah 2 tahun setelah lulus dan dilantik   dengan pangkat Bripda.

e. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama selama 10 tahun terhitung sejak diangkat menjadi Brigadir Polisi .

f.  Memperoleh Persetujuan dari orang tua / wali bagi yang belum usia  21  tahun.

g. Tidak terikat perjanjian Ikatan Dinas dengan instansi lain.

h. Telah berdomisili di wilayah hukum Polda tempat domisili minimal 1 tahun yang dibuktikan dengan KTP setempat atau KK atau Rapor.

i. Mengikuti dan lulus Pemeriksaan / Pengujian dengan SISTEM GUGUR yang meliputi materi dan urut sebagai berikut :
1) Pemeriksaan Administrasi Awal.
2) Pemeriksaan Kesehatan Badan Tahap I dan Parade.
3) Pemeriksaan Psikologi.
4) Uji Akademik ditiadakan ( Nilai akademik diperoleh dengan cara menjumlahkan Nilai rata-rata UAN dan Rapor Semester Akhir pada mata pelajaran yang sama)
5) Pemeriksaan Kesehatan  Badan Tahap II
6) Pemeriksaan Uji Kemampuan Jasmani
7) Pemeriksaan Administrasi Akhir.
8) Sidang Penentuan Kelulusan Akhir.

j. Peserta datang sendiri langsung ke tempat pendaftaran dengan membawa kelengkapan administrasi awal dan fotokopi masing – masing rangkap 1 ( satu ) sebagai berikut :

1) Surat Permohonan dengan tulisan tangan dengan huruf Balok, tinta Hitam bermeterai  Rp. 6000,00 ( blangko                disiapkan Panitia )
2) Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) dan KK atau surat pindah yang bersangkutan / orang tua asli dan fotokopi yang sudah dilegalisir Kepala Desa / Lurah / Camat
3) Akte Kelahiran / Surat Kenal Lahir. Asli dan fotokopi yang sudah di legalisir dari Kantor Catatan Sipil.
4) Ijasah SD,SMP,SMU beserta Nem Asli dan fotokopi yang sudah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
5) Ijasah (D III, D IV dan S-1 ) ,beserta Transkrip Nilai Asli dan fotokopi yang sudah dilegalisir oleh pejabat berwenang. (Ijasah dilampiri fotocopy skep / sertifikat akreditasi program studi yang telah dilegalisir oleh Rektor / Dekan fakultas yang bersangkutan )
6) Pas Photo hitam putih 4 x 6 cm tanpa tutup kepala dan kacamata sebanyak 3  lembar.
7) Seluruh kelengkapan administrasi awal di simpan dan diserahkan  dalam 1 map saat pendaftaran.

k. Adapun Kelengkapan Administrasi Akhir yang harus dilampirkan oleh peserta   dibuat rangkap 4 (empat) dan blangko disiapkan PANDA, serta susunan kelengkapan administrasi akhir adalah sebagai berikut :

1. Permohonan menjadi Brigadir Polri ( bermeterai Rp. 6.000,00).
2. Daftar Riwayat Hidup (DRH).
3. Foto Copy Ijazah SD, SMP, SMU, D III, D IV dan  S –1 dilegalisir / disyahkan oleh    pejabat yang berwenang dan transkrip nilai.( Ijasah D III/ D IV/S-1  dilampiri fotocopy skep / sertifikat akreditasi program studi )
4. Akte Kelahiran yang  telah disyahkan oleh pejabat yg berwenang (Catatan Sipil).
5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
6. Surat Persetujuan Orang Tua/ Wali.
7. Surat pernyataan belum pernah Nikah  dan sanggup tidak Nikah selama dalam  pendidikan dan dilantik menjadi Brigadir Polisi
8. Surat Perjanjian Ikatan Dinas Pertama Polri.
9. Pas Photo Hitam Putih ukuran 4 x 6 cm tanpa tutup kepala dan tidak berkaca mata.sebanyak 12 (dua  belas) lembar foto terbaru.
10. Surat Pernyataan Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI dan bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas kepolisian .

 

UNTUK LEBIH JELASNYA ANDA DAPAT MENGHUBUNGI KANTOR KEPOLISIAN SETEMPAT

UTAMANYA BAGIAN PENDAFTARAN ANGGOTA POLRI

DI POLRES/TA YAITU DI BAGIAN ADMINISTRASI (BAGMIN)

DI POLDA YAITU DI BIRO PERSONALIA

ATAU MELALUI WEBSITE POLRI http://www.polri.go.id”


Actions

Information

22 responses

26 11 2009
abid anwarul warid

pak,aq mau nanya kalo ingin masuk jd polisi bayar atau tdk?

jwb yg jujur yawww!!!!! PLESEEEEZZ………….

@ abid : mau masuk polisi itu tidak bayar,,,
Makanya,, anda jangan terpengaruh oleh opini yg beredar,,
Dan jgn terpengaruh juga oleh oknum_oknum tertentu yg mencoba mencari keuntungan,,,,
Banyak kok buktinya,,,,

Mendingan dari skarang anda persiapan fisik dan mental saja untuk mendaftar,,,
Yang penting anda sehat dan pintar serta lulus test,,
Pasti d trima kok

Kalo sekiranya anda test,, trus tidak lulus,,
Anda harus koreksi diri donk,,
Mungkin kesehatan anda kurang,, pengetahuan akademik anda d bawah rata_rata,, psikologi anda kurang bagus,, atau malahan kemampuan fisik anda kurang bagus,,,
Jd saran saya,, mulai skarang anda harus latihan fisik,, blajar,, n jaga kesehatan…

6 01 2010
agus

betul tu abid. pendaftaran polisi itu tak di pungut biaya sedikitpun,kecuali buat beli pulpen,kertas,materai,dan vitamin itu aja kok. saya pun lulusan SPN balikpapan tahun 2005.

@ agus : betul banget tuh bro,,,
Yg ada ongkosnya seh cuman sewa ojek pulang balik pergi test,,, itu doank

25 01 2010
rido

pengen donk jadi polisi,,

@ rido : daftar adja,,,
Mudah mudahan anda lulus seleksi

10 12 2009
hanggara satria putra

pak… mau tanya, pendaftaran bintara ta 2010 dibuka tanggal berapa ya?? tolong dijawab via Email… matur tengkyu…

16 12 2009
Jein Tampi

kalo TUHAN kehendaki, tahun depan aku akan daftar… Amin

@ jeni : amiennn

6 01 2010
agus

pak kalau bisa pendidikan polisi kembali lg seperti awal,di SPN masing2 polda aj. hanya sekedar masukan…..

@ agus : ha ha ha,,,
Yupss,, boleh boleh boleh,,,,
Tp itukan udah kebijakan dr atas,,,
Alnya yg d didik sedikit,,
Jd dr pada buang uang banyak,,
Kan mending d didik sa tu tempat,,,

Tp kalo banyak yg di didik,, biasanya d didik d masing masing spn bro,,,

Jd smuanya tergantung anggaran dan kebijakan para bos bos di atas,,,,

17 01 2010
eka

DENGAN HORMAT….

BPK KEPOLISIAN,SAYA MENANYAKAN UNTUK PENDAFTARAN CABA POLRI,THN 2010,KPN DILAKSANAKAN?!!!UNTUK TES AKADEMIC APA MASIH MENGGUNAKAN NILAI UAN ATAU NILAI AKHIR?MOHON BALASANNYA,,,

@ eka : untuk pendaftaran bintara polri sudah d buka,,,
Jd segera hubungi kantor polisi terdekat,,
Untuk nilai yg d pakai adalah nilai UAN

22 01 2010
anisa

pak saya mau tanya. katanya kn minimal sma bs masuk seleksi, tp kok di keterangan td pake nyerahin ijasah D III, dn yg lain. soalnya saya lulusan sma, ingin masuk polisi,,, saya juga mau tanya td kn katanya g pake ngeluarin biaya buat pendaftaran, tp klo misal saya sudah diterima apa ada anjuran ntuk biaya sekolah, dll. krn setau saya itu pake sekolah lagi..tolong di jawab melalui E-MAIL. TERIMA KASIH

@ Annisa : Untuk daftar Brigadir Polri Atau Akpol itu minimal SMA,,
Tp kalo DIII atau S1 jG BISA DAFTAR KOK,,
Adapun dari biaya sekolah nantinya,,
Semuanya d tanggung negara,,
Tidak d pungut biaya apapun

22 01 2010
pras

dengan hormat….

pak apa saja tes tes yang harus dilakukan waktu daftar polisi…..

@ pras : biasanya test pertama adalah berkas administrasi,,
Lalu kesehatan,,
Kemampuan Jasmani,,
Akademik,,
Psikoligis,,
Dan terakhir adalah Pantukhir (perengkingan)

23 01 2010
Reza

Asalamualaikum. . . Pak , gw mo tnya lulusan SMK bsa gak sich msk polisi.. 2010/2011.

@ : ya bisa lah,,
tapi hanya untuk Brigadir/Bintara Polri,,
kalau mau daftar PPSS anda harus Kuliah Minimal S1 dgn jurusn yg mempunyai kompetensi

kalau Akpol nggak menerima dari luliusan SMK

9 02 2010
eKo Prakoso

assalmlkm… Pak saya masih siswa SMA negari dijakarta dan status saya masih kelas 3 SMA dan bLum LuLus, gimana cara nya jika saya ingin mendaftar sebagai Brigadir Polisi,kapan dan dimana tempatnya…untuk saya mendaftar

@ eko : dari sekarang anda harus mempersiapkan diri anda,,,
Baik jasmani maupun mental,,,
Rajin olahraga,, jaga kesehatan,, n banyak belajar,,,
Adapun pelaksanaan penerimaan,, anda harus menunggu pemberitahuan d kantor kepolisian terdekat,, ataupun dari media massa maupun internet,,
Biasanya penerimaan itu d adakan pada tahun ajaran baru atau awal tahun,,
Hubungi saja kantor kepolisian terdekat,,, okheyy

7 04 2010
weli

pak, apa benar kalau kita sebelumnya pernah kawin.. kita nggak diterima dalam tes ???
dan satu lagi..
pas test yang terakhir… semuanya main duit & gt; & gt;
jwb yg jujur ya pak
makasih

@ weli : kawin apa nikah ????
kalo nikah iya nggak bisa daftar,,,
kan yg memenuhi persyaratan itu cuman yg belom nikah,,
kalo masalah kawin seh,, tergantung pada saat test kesehatan adja,,,

test polisi itu dr awal sampai akhir (pantukhir) itu tidak d pungut biaya.

4 05 2010
nhhisa

Asm. pak saya mau tanya kalau dari lulusan SMK tp jurusan Adm Perkantoran bisa tidak????
Dan saya sambil kuliah bisa tidak yah????
daftarnya dimana yah????

1 07 2010
fauzi

bapak polisi kapan di buka nya pendaftaran untuk bintara polri tahun 2010/2011…?
Q sudah menunggu.

@ fauzi : belum ada info neh boss
tunggu adja info selanjutNya

3 09 2010
jujur

mau tanya pak, ko ga pake duit saya gak lulus ya? saya lulusan d3 perawat bahkan satu satunya pendaftar, knapa ga lulus juga? untuk masalah tes, kejiwaan itu dah saya kuasai bener2 waktu dikampus, eh tetep aj ga lulus juga, bingung saya jadinya, yang culun pada lulus, badan aj kurus kerempeng, gimana itu pak/ tolong diperhatikan

@ jujur : mank anda tidak lulusNYA d test apa ???

17 09 2010
wahyu

kpan pendaftaran lagi

@ wahyu : belum ada kabar neh bro, mungkin awal tahun

16 10 2010
vrman

permisi pak…

sy dengar” dr yg udh msuk polisi ktanya klau udh slesai pndaftran, trus d trima… hrus byar di atas 50 juta?? apakah itu bnar pak?

@ vrman : itu nda benar,,
masuk polisi itu TIDAK DIPUNGUT BIAYA

20 10 2010
bayu

pak polsi usai terakhir nya jngan 21
22 aja

5 12 2010
banureass,,,

kpd bpak yth ,, sya mo nanya , apa benar klo ,,msal nya stu test ga lulus itu bisa gnti pke duit ,, !!! dan maaf ya ,, menurut sya ,, bnyak skali ketidakjujuran yg terjadi slama ini dlam program penerimaan anggota polisi pak !!

5 12 2010
banureass,,,

oya , pak klo dah buka ,,,, tlong ksih kbar ya pak !!! udah ga sbaran pak ,, pengen pke sragam yg udah dr dulu aku idam2 kan ,, semoga Allah mengkehendaki ,, Amiiiiiiiinnnn!!!
oya , klo kesehatan pa2 saja ya yg ditest !! trims..sukses slalu bwat polri

6 12 2010
cepi rudiana

saya pingi jadi polisi

30 01 2011
Daus

Mau tanya pak..
Tuk secaba polri dari lulusan s1 ntu jurusan apa saja yang dibutuhkan? Saya dari pendidikan matematika..
Mksih pak

@Daus : untuk penerimaan BRIGADIR POLRI ijazah S1 smua jurusan d terima,, tp yg mempunyai kompetensi dgn tugas2 kepolisian… d utamakan sarjana HUKUM, PSIKOLOGI, PENERBANGAN,… tp untuk PEndidikan MMT bisa kok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: